Konsultasi Dokter Hewan Online

Memotong Kuku Kucing, Perlukah?

perlukah memotong kuku kucing
Perlukah Memotong Kuku Kucing?

TANYA : Untuk alasan keamanan atau kebersihan, apakah perlu memotong kuku kucing ?

JAWAB : Tidak seperti kuku manusia, kuku kucing memiliki fungsi yang sangat vital sebagai bagian dari anggota tubuh kucing.

Secara anatomis, kuku kucing menyatu dengan tulang (mirip seperti gigi manusia). Oleh karena itu, jika anda memotong kuku kucing, anda sedang menyakiti kucing kesayangan anda. Bisa anda bayangkan sendiri sakitnya.

Fungsi Kuku Kucing

Selain itu, kuku kucing memiliki fungsi-fungsi yang sangat vital dalam keberlangsungan hidup kucing itu sendiri, antara lain :

#1. Keseimbangan

Kuku kucing berguna untuk menjaga kestabilan langkah saat kucing berjalan di tempat yang licin.

#2. Mencengkeram Makanan

Jari kucing tidak sepanjang jari anda. Satu-satunya cara mencengkeram makanan adalah menggunakan kuku mereka. Memotong kuku kucing sama saja anda memotong jari anda sendiri.

#3. Berburu

Kucing adalah “pembasmi hama” alami yang efektif, terutama, tentu saja tikus. Tanpa kuku, kucing hanyalah boneka hiasan yang kehilangan tujuan hidup.

BACA :  Ascariasis pada Kucing

#4. Memanjat Pohon dan Bermain

Kucing hewan yang lincah dan suka bermain. Salah satu kesukaan kucing adalah memanjat pohon, sebagai bagian dari siklus aktivitas keseharian mereka. Di sini, kuku berfungsi sebagai pengait sehingga mereka mampu memanjat pohon dengan hebat.

Tapi Kucing Saya Sering Menggunakan Cakarnya Saat Bermain Bersama Saya

Kucing memiliki kontrol yang luar biasa terhadap anggota tubuh mereka. Kalau kucing anda bermain bersama anda dan mereka seolah-olah mencengkeram tangan anda memakai cakar mereka, itu adalah tanda atau bentuk komunikasi dari kucing bahwa kucing anda merasa sangat dekat dengan anda.

Coba anda perhatikan, kucing anda tidak pernah benar-benar menerkam tangan anda. Mereka menggunakan kuku dengan sangat lembut saat bercengkerama dengan anda dan tidak menimbulkan luka.

Kesimpulan

Memotong kuku kucing bukan hanya tidak disarankan, tapi merupakan bentuk animal cruelty atau penyiksaan binatang.

Memotong kuku kucing adalah kekejaman dan melanggar hak asasi kucing secara utuh. Jadi, bagi anda yang masih suka memotong kuku kucing agar “tidak berbahaya”, mulai sekarang hentikan kebiasaan itu, dan biarkan kucing anda menjadi diri mereka sepenuhnya.

BACA :  Kenapa Kucing Suka Membawa Pulang Tikus Mati

Leave a Comment