Konsultasi Dokter Hewan Online

Kenapa Kucing Makan Rumput? Apakah Berbahaya?

Kenapa Kucing Makan Rumput? Apakah Berbahaya? – Mungkin, sesekali anda pernah menjumpai, kucing peliharaan milik anda pergi ke halaman rumah dan lalu memakan rerumputan.

Kenapa Kucing Makan Rumput
Inilah Alasan Kenapa Kucing Makan Rumput

Sebuah perilaku yang menimbulan rasa ingin tahu. Kenapa kucing, yang merupakan binatang karnivora, memakan rumput ?

Memakan rumput adalah perilaku kucing yang umum. Sampai saat ini, para ahli belum mampu membuat kesimpulan yang pasti mengenai perilaku kucing yang satu ini.

Namun ada beberapa hipotesis yang bisa disusun, kaitannya dengan anatomi dan dinamika biologis kucing.

Alasan Kenapa Kucing Makan Rumput

Berikut beberapa hipotesis mengenai kenapa kucing memakan rumput.

#1. Nutrisi

Kucing rumahan (domestic cat) adalah pemangsa alami tikus. Sedangkan tikus sendiri adalah binatang pengerat yang memakan hampir segala makanan, termasuk tumbuh-tumbuhan.

Ketika kucing memangsa tikus, isi perut dari tikus ikut tercerna, dan kucing merasakan atau ikut mengambil manfaat dari isi pencernaan tikus yang salahsatunya terdiri dari unsur nabati.

BACA :  Memotong Kuku Kucing, Perlukah?

Dari sinilah, kemungkinan kucing mencari “dosis tambahan” dari nutrisi nabati yang mungkin bermanfaat untuk metabolisme tubuh kucing.

#2. Pelumas

Kucing memiliki satu masalah pencernaan yang sangat lazim, hubungannya dengan kebiasaan mereka membersihkana bulu, yaitu terkumpulnya bola bulu (hairball) di dalam pencernaan.

Secara alami, kumpulan bola bulu ini akan dimuntahkan oleh kucing karena tidak bisa dicerna. Namun mungkin sekali, bola bulu ini juga tidak selalu mudah untuk dimuntahkan, dan sangat berbahaya jika terkumpul terlalu banyak, sehingga menyumbat metabolisme pencernaan kucing.

Oleh karena itu, kucing memakan rumput sebagai pelumas, karena rumput mengandung serat, sehingga bola bulu menjadi mudah dikeluarkan beserta feses.

#3. Pola Makan Alami

Beberapa ahli menduga, rerumputan adalah salahsatu menu alami kucing disamping daging.

Tujuan utamanya sama dengan fungsi pelumasan, yaitu sebagai sumber serat, sehingga memudahkan pencernaan kucing untuk mencerna bagian-bagian yang keras dari makanan hewani mereka (tulang-tulang, kulit, duri ikan dan lain-lain).

Apakah Saya Perlu Khawatir Dengan Perilaku Ini?

Anda tidak perlu khawatir jika mendapati kucing peliharaan kesayangan anda kadang-kadang atau bahkan cukup sering memakan rumput.

BACA :  Anak Kucing dan Anjing dapat Tertular Cacing Lewat Air Susu?

Hal tersebut bukanlah kelainan, melainkan bagian yang alami dari metabolisme biologis kucing. Yang perlu dikhawatirkan barangkali, apabila anda memakai pestisida atau obat kimiawi untuk mematikan rumput maupun hama di kebun anda.

Jika anda tidak memakai bahan-bahan kimia, maka anda tidak perlu khawatir dengan perilaku unik kucing yang satu ini.

Sumber : catbehaviorassociates.com (dengan beberapa penyesuaian)

Leave a Comment