Konsultasi Dokter Hewan Online

Kenapa Kucing Suka Membawa Pulang Tikus Mati

Kenapa Kucing Sering Membawa Pulang Tikus Mati? – Kucing rumahan, pada hakikatnya, adalah binatang karnivora. Mereka memangsa binatang-binatang yang lebih kecil seperti tikus, marmut, kelinci, burung, reptil (cicak, kadal, ular), dan serangga.

Kucing Membawa Pulang Tikus Mati
Mengapa Kucing Membawa Pulang Tikus Mati?

Ketika mereka hidup di tengah-tengah manusia dan diadopsi sebagai binatang peliharaan (pet), naluri alami mereka sebagai karnivora tidaklah hilang begitu saja. Dan, salah satu perilaku kucing rumahan yang seringkali membuat kita bertanya-tanya, adalah kucing rumahan sering membawa pulang mangsa buruannya.

Terkadang, setelah dibawa pulang, mangsa buruannya dibiarkan begitu saja dan tidak dimakan.

Kenapa Kucing Suka Membawa Pulang Tikus Mati

Kenapa kucing berperilaku demikian? Ada beberapa teori mengenai hal itu.

#1. Pengakuan

Saat kucing membawa pulang buruannya ke rumah, hal itu menandakan bahwa kucing anda telah mengakui rumah anda sebagai rumahnya, dan sekaligus mengakui anda sebagai bagian dari keluarga kucing.

BACA :  Ascariasis pada Kucing

#2. Kasih Sayang

Kalau kucing anda membawa pulang binatang kecil dan tidak memakannya, itu merupakan sebuah bentuk ekspresi kasih sayang dari si kucing dan menjadikan binatang buruannya sebagai “hadiah”.

#3. Mencarikan Makanan

Teori yang terakhir berpendapat, bahwa kemungkinan besar kucing menganggap manusia sebagai anggota keluarga yang tidak mampu berburu.

Oleh karena itu, ketika kucing membawakan pulang anda tikus atau burung mati, mereka sebetulnya sedang mencarikan anda makanan ! What a wonderful creature.

Kesimpulan

Semua teori itu hanya dugaan, walau teori yang pertama lebih dekat dengan fakta. Yang perlu diperhatikan adalah, apabila kucing anda membawa pulang binatang buruan dan kemudian tidak memakannya, maka selekas mungkin anda harus mengubur binatang tersebut supaya tidak mendatangkan bakteri ke dalam rumah.

Begitu juga ketika kucing anda memakan tikus mati atau binatang buruannya yang lain. Pastikan tidak ada sisa-sisa tubuh dari binatang buruan yang tersisa (ekor, kulit, dll).

Jika ada sisa-sisa tubuh dari binatang buruan si kucing, lekaslah bersihkan dan lap dengan air bersih. [Diolah dari berbagai sumber. Foto-foto : Google]

BACA :  Kenapa Kucing Makan Rumput? Apakah Berbahaya?

Semoga bermanfaat!

Leave a Comment