Infeksi Jamur pada Anjing dan Kucing

anjing DermatophytosisSumber: www.md-health.com

Infeksi jamur dikenal dengan istilah Dermatophytosis atau juga disebut ringworm. Terdapat beberapa spesies jamur yang menjadi penyebab ringworm diantaranya Microsporum canis, Microsporum gypseumTricophyton mentagrophytes. Infeksi ini disebabkan oleh spora jamur, yang juga dapat hidup diluar tubuh hewan selama 18 bulan dengan suhu dan kelembaban lingkungan yang sesuai. Penularan dapat secara langsung maupun tidak langsung seperti :

  1. Kontak langsung dengan hewan penderita.
  2. Spora jamur dari hewan terinfeksi yang tertinggal di alat-alat kebersihan, misalnya alat grooming yang kemudian alat tersebut digunakan oleh hewan sehat.
  3. Spora dari hewan terinfeksi tertinggal di kandang, lantai rumah dan tempat tidur hewan jamur yang kemudian tempat-tempat tersebut ditinggali oleh hewan peliharaan yang sehat, yang sehatpun ikut terinfeksi.
  4. Anakan hewan yang memiliki sifat pembawa (carrier) infeksi ringworm sejak lahir. Saat baru lahir anak yang memiliki sifat pembawa ini tidak menunjukkan gejala terinfeksi ringworm namun nanti saat kekebalannya menurun maka infeksi ringworm akan muncul dengan sendirinya.

Untuk mendeteksi keberadaan spora jamur, bisa digunakan sinar UV atau wood lamp karena Spora jamur memancarkan cahaya fluoresens dalam gelap jika terpapar dengan cahaya dari wood’s lamp. Pengobatan ringworm ini sebenarnya tidaklah rumit tetapi biasanya memerlukan jangka waktu yang agak lama. Untuk pencegahan yang bisa dilakukan, misalnya:

  1. Hewan penderita ringworm sebaiknya dihindarkan atau dibedakan tempat tinggalnya dari hewan sehat, agar tidak tertular.
  2. Desinfeksi seluruh halaman, lantai, dan tempat tidur atau kandang tempat dimana hewan sering beraktifitas.
  3. Ketika hewan selesai dimandikan, langsung dikeringkan jangan sampai ada bagian rambut/bulu yang masih basah atau lembab.
  4. Pengeringan peralatan yang biasa digunakan hewan seperti kandang, tempat makan-minum selesai dicuci dikeringkan dibawah sinar matahari.

Pada hewan yang sudah terinfeksi ringworm maka sebaiknya dilakukan beberapa tindakan diantaranya :

  1. Grooming/Mandikan hewan seminggu sekali dengan sampo anti jamur yang khusus tersedia di dokter hewan atau petshop.
  2. Pada daerah yang terinfeksi ringworm sebaiknya dicukur bulu-bulu yang ada disekitarnya untuk memudahkan aplikasi pemberian salep antijamur.
  3. Kunjungi dokter hewan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik serta pemberian terapi injeksi yang lebih efektif daripada terapi luar. Dokter hewan juga akan memberikan obat minum bila infeksi yang diderita cukup berat.
  4. Beri tambahan suplemen vitamin A-C-E untuk membantu regenerasi jaringan kulit.

Ditulis oleh:
Ibnu Mahmudin

attn